Mengapa platina aman digunakan sebagai penyambung tulang

Mengapa platina aman digunakan sebagai penyambung tulang? 

Mengapa platina aman digunakan sebagai penyambung tulang

Pada kesempatan kali ini jarewongcilik.com akan menjawab petanyaan akan khasiat penggunaan platina untuk penyambung tulang. Karena banyak sekali dari teman-teman yang belum mengetahui kenapa kok dalam proses penyambungan tulang menggunakan platina? Berikut ini penjelasannya.

Mengapa platina aman digunakan sebagai penyambung tulang?

Platina aman digunakan sebagai penyambung tulang karena platina memiliki sifat kimia yang cukup unik, merupakan logam murni yang ulet, mudah ditempa, tidak teroksidasi pada suhu apapun meskipun terkorosi oleh halogen, sianida, sulfut ataupun basa kaustik. Logam ini punya ketahanan yang sangat baik untuk korosi suhu tinggi dan memiliki sifat elektrik yang stabil, sehingga bisa digunakan untuk membantu dalam menyambungkan tulang.

Pembahasan
Penyambung tulang (dalam operasi) dengan platina adalah dengan cara memasang bahan logam tersebut (pen). Pen digunakan untuk menyambungkan kedua bagian tulang yang patah, dipasang langsung ke tulang dengan memakai sekrup, akan dilepas bila tulang sudah menyambung sempurna, agar sambungan tulang yang patah tidak bergeser, sebaiknya dilepas jika sudah waktunya karena akan menggangu jaringan-jaringan di Pembuluh darah.

Jenis Pen untuk Patah Tulang
  • Pen Konvensional, yang mana model pen konvensional tersebut lebih sering di gunakan pada jenis luka atau patah tulang dengan panjang minimal kurang lebih 30 cm.
  • Pen Ulir Kunci, adalah model pen yang banyak di pakai untuk patah tulang sedikit lebih kecil antara 25 cm.
  • Pen Platina/Platinum, bahan ini dinilai lebih mahal dibandingkan beberapa jenis yang lain.
  • Friksasi Pen, merupakan fiksasi tulang dari dalam yang secara langsung kontak dengan tulang. Namun untuk pemakaian sangat tergantung dari jenis fraktur/patah tulang yang terjadi dan seberapa parah.
  • Pen Teknik MIPO, atau singkatan dari Minimal Invasive Plate Osteosynthesis merupakan teknik pemasangan pen dengan bentuk pelat sepanjang 26 – 30 cm serta tidak perlu irisan sepanjang 30 cm.
  • Pen Stainless Steel, sangat cocok untuk pilihan pelengkap bantu tulang yang patah. Bahan stainless memberikan desain dan kualitas cukup bagus untuk di tempatkan pada bagian tubuh yang mengalami kepatahan.
  • Pen Titanium, reaksi penolakan yang di hasilkan titanium pada tubuh hampir tidak ada dibanding stainless, lebih ringan dan lebih kuat, hingga daya adhesi terhadap kuman lebih rendah dibanding stainless steel.
Mungkin itu saja yang bisa saja jelaskan perihal Kenapa platina aman digunakan sebagai penyambung tulang semoga bermanfaat.

Sumber: https://brainly.co.id/tugas/21377184

0 Comments

Post a Comment