Download Materi TWK PDF

Apa saja si Isi dari Materi TWW? 

Jarewongcili.com- Materi Tes Wawasan Kebangsaan merupakan salah satu bagian untuk ujian Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS).

Nah kebetulan sekali, pelaksanaan tes CTA masuk PNS akan segera dilaksanakan di bulan Februari 2020 yang akan datang.

Untuk menyambut hal tersebut, kami berinisiatif untuk memberikan Materi Tes Wawasan Kebangsaan berbentuk PDF yang bisa anda download dengan mudah dan gratis.

Download Materi TKW PDF 

Silahkan Download Materi Tes Wawasan Kebangsaan melalui link Academia EDU di bawah ini:

Download Materi TWK PDF


Terus Apa saja sih Kisi Kisi Materei TWK Tahun ini?

Adapun kisi-kisi materi Seleksi Kompetensi bidang disusun dan ditetapkan oleh setiap instansi pembina jabatan fungsional.

A. MATERI UJIAN
Berdasarkan Permenpan No. 22 Tahun 2017, kisi-kisi soal CPNS yang diaplikasikan dalam CAT memiliki komposisi sebagai berikut:

a. Seleksi Kompetensi Dasar (SKD)
  • 35 soal Tes Wawasan Kebangsaan (TWK)
  • 30 soal Tes Intelegensia Umum (TIU)
  • 35 soal Tes Karakteristik Pribadi (TKP)
  • Seleksi Kompetensi Bidang (SKB)

Peserta yang memenuhi passing grade dan dinyatakan lolos Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) selanjutnya berhak mengikuti Seleksi Kompetensi Bidang (SKB). SKB yang akan diujikan bergantung kepada Kementerian dan Instansi terkait dan berbeda satu sama lain.

B. SISTEM PENILAIAN COMPUTER ASSISTED TEST (CAT)
Untuk instansi yang yang seleksinya menggunakan Computer Assisted Test, jumlah soal seluruhnya sebanyak 100 soal pilihan ganda dengan 5 pilihan jawaban (A, B, C, D, dan E), perinciannya:
  • 35 soal TWK (nilainya 0 jika salah dan 5 jika benar)
  • 30 soal TIU (nilainya 0 jika salah dan 5 jika benar)
  • 35 soal TKP (nilainya dari skala 1 s.d. 5, tidak ada nilai 0)

Jadi, jika seluruh soal dijawab dengan tepat, nilai maksimumnya adalah 500. Tidak ada sistem pengurangan nilai dalam ujian ini. Nilai Ambang Batas SKD CAT Seleksi CPNS 2018 berdasarkan Permenpan No. 22 Tahun 2017:
  • 75 untuk Tes Wawasan Kebangsaan;
  • 80 untuk Tes Intelegensia Umum; dan
  • 143 untuk Tes Karakteristik Pribadi.

Nilai ambang batas tersebut adalah nilai minimum yang harus dipenuhi dalam setiap subtes. Artinya, peserta ujian CPNS akan lolos jika nilai yang didapatkan pada setiap subtes memenuhi nilai ambang batas tersebut. Sebaliknya, berapapun nilai total yang didapatkan tidak akan berpengaruh jika ada salah satu subtes yang nilainya di bawah ambang batas.

Demikian pembahasan Materi TWK yang bisa kami berikan semoga bermanfaat. Jika ada hal-hal yang berkaitan dengan Materi TWK silahkan tinggalkan komentar dibawah insya allah saya ataupun teman-teman yang lain dapat membantu.

0 Comments

Post a Comment